Cara mengganti favicon pada blog

Di tulis oleh : Heru | Tanggal
Favicon adalah logo kecil yang terdapat pada tab web browser. Meskipun berukuran kecil, logo ini berfungsi sebagai identifikasi yang unik dari sebuah halaman pada web, sehingga apabila kita melihat favicon pada tab web browser, kita sudah mengetahui bahwa favicon tersebut milik web mana.



Coba saja Anda lihat favicon milik google, dengan melihat faviconnya saja, pasti Anda sudah bisa menebak bahwa favicon tersebut adalah milik google.

Maka dari itu tidak ada salahnya kita memiliki favicon unik sendiri untuk blog kita, supaya lebih dikenal lagi oleh pengunjung.

Favicon beberapa web terkenal

Blogspot sendiri juga mempunyai favicon default berupa bentuk persegi dengan huruf B di tengahnya.

Kita bisa mengubah favicon default tersebut dengan favicon yang kita miliki. Namun tidak semua jenis gambar bisa kita gunakan sebagai favicon, ada beberapa syarat yang harus di penuhi untuk mengganti favicon tersebut.

Syarat untuk membuat logo Favicon tersebut adalah sebagai berikut :

Ukuran :di bawah 100 kb
Bentuk : Harus berbentuk persegi. Bisa ukuran 60x60 px, 100x100 px, 120x120 px dll.
Format : .ICO, .PNG, .GIF, animasi .GIF, .JPEG, .APNG dan .SVG

Dari berbagai jenis format tersebut, yang paling direkomendasikan adalah format ICO, PNG dan GIF karena support untuk semua jenis web browser. Untuk keterangan selengkapnya silahkan Anda kunjungi halaman Wikipedia tentang favicon.

Untuk mengganti favicon default bawaan blogger, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Silahkan masuk menu dashboard admin blog, kemudian masuk menu Tata Letak. Pada bagian Desainer tema sebelah kanan, klik edit pada bagian Favicon.

Favicon Blog

2. Kemudian pilih lokasi penyimpanan file favicon pada komputer yang Anda miliki dengan mengklik Browse...

Upload Favicon

3. Langkah terakhir adalah dengan mengklik tombol Simpan.

Jika gambar yang Anda gunakan sesuai dengan syarat untuk mengganti favicon telah terpenuhi semua, maka tidak akan terjadi pesan error apapun pada pop up tersebut. Dan favicon pada blog Anda akan berubah sebagaimana mestinya.

Jika gambar favicon tidak mau berubah, silahkan tunggu beberapa saat atau hapus history pada web browser untuk memastikan tidak ada cache yang tersangkut, kemudian refresh web browser Anda. Silahkan di coba.