Blogger luncurkan template default responsive terbaru, ini dia kelebihannya

Di tulis oleh : Heru | Tanggal
Setelah sekian lama tidak ada perubahan template default pada blogger, akhirnya pada tanggal 21 Maret 2017 blogger mengeluarkan template terbarunya.


Bukan hanya bentuknya saja yang berubah menjadi lebih dinamis, tetapi juga fungsi yang tersedia pada template blog tersebut lebih di tingkatan.

Apa saja kelebihan yang terdapat pada template baru tersebut ?

Simak beberapa kelebihannya berikut ini.

1. Responsive.


Template mobile friendly


Jika selama ini template bawaan blogger versi lama pada versi mobilenya terkesan kaku, namun pada template yang baru ini tampilannya lebih responsive sehingga lebih mobile friendly.

2. Desain lebih dinamis.




Template terbaru ini memiliki desain yang lebih dinamis dan lebih hidup di bandingkan template blogger lawas. dengan tampilannya yang lebih elegan. template ini mampu bersaing dengan template-template kustom blogger lainnya.

Bahkan jika di kustom pasti bisa membuat tema tersebut terasa lebih premium lagi.

3. Support auto readmore.


Auto readmore pada desain ( Terus membaca )


Jika pada template lawas kita harus membuat jump break untuk membuat readmore secara manual. maka di template baru ini kita tidak perlu membuatnya. karena fitur tersebut sudah tertanam secara default pada template.

4. Sharing artikel terbaru.


Fitur sharing artikel pada template baru


Fitur yang cukup penting pada blog ini sebenarnya sudah ada di template lama blogger. tetapi pada template barunya, bentuk fitur sharing ini lebih smoth di bandingkan model lamanya.

Jadi kita tidak perlu bersusah-susah untuk menggunakan widget dari pihak ketiga lagi.

5. Penambahan widget Adsense, pelaporan penyalahgunaan dan featured post secara default.

Template baru ini juga langsung memasangkan widget adsense, pelaporan penyalahgunaan dan featured post secara deafult pada template tersebut.

Widget adsense

Widget Featured post

Widget pelaporan penyalahgunaan blog

Selain itu, kita juga bisa membuat widget yang terpasang menjadi terlihat atau tidak tanpa harus menghapus widget tersebut.

Jika pada template lama kita harus menghapus widget jika tidak ingin menggunakannya, maka pada template baru ini kita cukup menyembunyikannya saja.

Itulah beberapa kelebihan terbaru yang terdapat pada template blog tersebut.

Selain itu perubahan juga terjadi pada bagian desainer tema blog. Ada beberapa fitur yang di buang pada bagian tersebut.

Mungkin pihak pengembang merasa fitur tersebut sudah tidak di butuhkan lagi pada template yang baru.


Ketika saya mencoba menggunakan kolom komentar custom DISQUS juga masih belum bisa di terapkan pada template baru tersebut.

Tetapi kita tunggu saja hingga developer dari DISQUS melakukan pengupdetan sehingga support pada tema tersebut.

Kini Anda bisa menggunakan template yang lebih responsive dan gratis tentunya.

Jika ingin mencoba template baru tersebut, jangan lupa melakukan pembackupan template lama Anda, hal ini untuk berjaga-jaga seandainya Anda kurang tertarik dengan template baru tersebut dan ingin kembali menggunakan template lama Anda.