Berkenalan dengan Blog

Di tulis oleh : Heru | Tanggal


Kampblogger


Panduan blogger lengkap bahasa Indonesia


Selamat datang di blog sederhana Kampblogger. Jika Anda sedang mencari tahu cara untuk membuat blog, maka Anda berada di halaman yang tepat.


Karena Kampblogger akan memandu Anda untuk membuat sebuah blog mulai dari langkah awal sampai kustomisasinya dari tahap awal hingga tingkat lanjut dengan tahapan yang lebih mudah dipahami untuk pemula sekalipun.

Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, mari kita sedikit berkenalan terlebih dahulu mengenai definisi blog.

Dikutip dari halaman wikipedia :
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
NB : Jika ingin membaca selengkapnya mengenai pengenalan blog ini, Anda bisa membaca di halaman Wikipedia.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai definisi blog. Jadi sudah jelaskan apa arti dari kata blog itu sendiri? Jika Anda sudah memahaminya, Mari kita ke tahap selanjutnya yaitu tentang pembahasan jenis platform yang bisa di gunakan untuk pembuatan blog.

Daftar Bahasan :
  1. Platform yang di gunakan pada blog
  2. Keuntungan membuat blog
  3. Jenis tema artikel blog

Platform Blog



Jika Anda bingung dengan istilah platform, platform yang di maksud disini adalah jenis media yang bisa di gunakan untuk membuat sebuah halaman blog.

Lalu platform yang di gunakan untuk membuat blog itu apa saja sih ?

Jika di ambil kesimpulan dari pernyataan wikipedia, pada artikel di atas yang menyatakan bahwa,
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.
Maka bisa di simpulkan bahwa sebuah blog, pada dasarnya menggunakan media halaman web sebagai platformnya. Secara teknis, halaman blog bisa dibuat menggunakan beberapa platform seperti :

1. Blogspot.com (Gratis)
2. Wordpress.com (Gratis & berbayar)
3. Wordpress.org (Berbayar)
4. Joomla (Berbayar)
5. Tumblr (Gratis)
6. Medium (Gratis) dan lain sebaginya.

Untuk Indonesia sendiri, platform blog yang paling sering di gunakan adalah platform blogspot.com dan wordpress. Baik Wordpress.org maupun Wordpress.com.

Hal tersebut karena kedua platform tersebut memiliki beberapa kelebihan seperti kemudahan dalam penggunaannya, banyaknya panduan serta banyaknya template yang tersedia secara gratis.

Nah Dari keterangan di atas, sekarang Anda sudah bisa menentukan sendiri, platform apa yang akan Anda gunakan nantinya. Sekarang kita lanjutkan lagi dengan membahas apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika membangun sebuah blog.

Keuntungan membuat blog



Tentu Anda tidak akan membuat blog tanpa alasan bukan ?. Mungkin Anda membuat blog dengan berbagai alasan. 

Seperti karena hobi menulis, menjadikan blog sebagai media promosi usaha, ingin berbagi pengalaman atau pengetahuan melalui media tulisan atau Anda ingin menggunakan blog untuk mendapatkan pendapatan bulanan dari hasil iklan melalui jasa iklan yang paling terkenal di kalangan blogger seperti Adsense.

Apapun alasannya, hal tersebut adalah hak Anda sebagai pemilik blog nantinya. Tetapi jika di tekuni, blog ini memiliki banyak keuntungan yang terkadang secara tidak sadar akan Anda dapatkan dalam prosesnya. Apa saja keuntungan tersebut ?

1. Melatih penulisan yang baik dan benar

Menulis itu mudah atau sulit ?. Kadang saya berpikir menulis adalah hal yang gampang-gampang susah. 

Hal itu berdasarkan pengalaman saya selama ini dalam membuat sebuah artikel pada blog, karena terkadang apa yang ingin kita sampaikan berbeda dengan apa yang kita tuliskan.

Saya sendiri terkadang harus membaca berulang-ulang artikel yang telah saya buat, untuk memastikan tidak adanya kekeliruan pemahaman dari artikel tersebut. 

Selain itu, melakukan koreksi terhadap kesalahan penulisan maupun tanda baca juga perlu di lakukan untuk kenyamanan pembacaan artikel pada blog.

Seiring dengan seringnya melakukan post artikel pada blog, maka secara tidak langsung kita akan belajar menulis dan mencoba untuk memahami tulisan itu sendiri apakah sudah layak diterbitkan atau belum.

2. Menambah dan membuka wawasan mengenai dunia internet

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan adalah penambahan wawasan itu sendiri. Mengapa demikian ?

Jika Anda membuat halaman blog mulai dari awal, Tentu Anda akan berusaha untuk belajar mengenai dasar-dasar pembuatan blog.

Kemudian jika sudah mahir, Anda akan belajar untuk tahapan selanjutnya seperti kustomisasi pada halaman blog tersebut. Seperti bagaimana cara mengganti template, cara agar blog terdeteksi di mesin pencarian, cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog dan lain sebagainya.

Darimana Anda mendapatkan pengetahuan tersebut ?

Tentunya Anda akan mencari cara termurah dan termudah, yaitu melalui media internet. 

Nah dengan seringnya kita menjelajah dunia internet, maka ada pengalaman baru yang mungkin bisa Anda temukan di sela-sela pencarian artikel yang ingin Anda temukan.

Saya sendiri mendapatkan wawasan lebih di dunia internet setelah aktif mengurus beberapa blog selama lebih dari satu tahun.

Dengan seringnya berselancar untuk mencari tahu dunia blogging tersebut, kini saya mulai mengenal tentang adanya Internet marketing, SEO dan beberapa pengetahuan lainnya yang berhubungan dengan bisnis dalam dunia maya.

Maka dari itulah, melalui blog kampblogger ini saya akan mencoba berbagi untuk membuat artikel yang mudah dipahami dan berurutan sesuai dengan alurnya berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama ini.

Tentu ada suka dukanya dalam dunia blogging yang akan Anda temui karena tidak semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar, tetapi setiap usaha pasti akan mendapatkan hasil yang setimpal.

3. Bisa mendapatkan keuntungan penghasilan

Blog besar tidak di bangung sehari dua hari atau hanya sebulan dua bulan. Butuh proses panjang untuk kita menilai blog kita sudah termasuk kategori yang baik atau belum. Namun kualitas yang bagus dari blog inilah yang nantinya bisa memberikan penghasilan tambahan untuk diri kita jika terus ditekuni.

Mendapatkan keuntungan berupa penghasilan tambahan dari blog adalah mimpi setiap blogger yang memang serius dan menekuni bidangnya tersebut.

Tidak heran memang jika perkembangan blog semakin lama semakin ramai di buatnya.

Tetapi untuk mendapatkan keuntungan secara materi (Uang) tersebut, Anda harus mampu bersaing dengan blog-blog yang sudah lama berdiri dengan kualitas konten yang tentunya sangat baik pada beberapa blog tersebut.

Untuk itu, jika hanya mengandalkan kualitas konten seadanya saja, maka akan sulit untuk bersaing dengan blog-blog lama. Apalagi jika materi yang disajikan sangat pasaran dalam artian sudah banyak yang membahas.

Anda membutuhkan kreatifitas, keunikan, dan kualitas konten yang baik untuk bisa bersaing dengan blog tersebut. 

Kadang juga di butuhkan teknik marketing untuk pemasara blog yang Anda miliki, Baik dengan tambahan modal atau tanpa modal juga bisa di lakukan. Tetapi jangan putus semangat menghadapi kenyataan tersebut. Karena selalu ada jalan jika kita memang serius ingin terjun ke dunia blogging dan ingin mendapatkan penghasilan.

Ketiga point tersebut adalah beberapa keuntungan yang secara umum bisa Anda dapatkan. Pastinya Anda akan merasakan keuntungan lainnya jika Anda benar-benar sudah terjun di dalam dunia blogging nantinya.

Sampai disini apakah Anda semakin tertarik untuk mendalami dunia blogging atau sebaliknya ? Jika Anda masih tertarik, kita akan bahas ke artikel selanjutnya mengenai jenis tema Artikel yang umumnya di gunakan dalam dunia blogging.


Jenis tema artikel yang umumnya di gunakan pada sebuah blog biasanya di kelompokkan menjadi dua, yaitu tema blog Niche dan tema gado-gado (Campuran). Mari kita bahas satu persatu mengenai blog niche dan blog gado-gado tersebut.

Apa itu blog niche ?

Jenis blog niche adalah blog yang membahas hanya satu tema artikel saja pada blognya. Untuk memilih jenis ini biasanya di butuhkan pengetahuan khusus untuk menulis blog dengan tema niche tersebut.

Contohnya blog dengan tema Otomotif, bidang IT, Bidang Elektro, Obat-obatan atau tema lainnya, hanya membahas Artikel di ruang lingkup tema tersebut.

Kesulitan membuat tema blog niche adalah kendala terbatasnya materi artikel yang akan kita muat. Hal ini terjadi jika kita tidak benar-benar memahami tema yang kita buat tersebut.

Tetapi tema blog niche ini biasanya adalah blog yang paling di cari oleh pengunjung yang memang sedang mendalami tema yang kita bahas pada artikel blog tersebut.

Jika artikel yang di sajikan menarik dan mudah dipahami. Maka pengunjung tidak akan segan-segan untuk terus berkunjung ke halaman blog tersebut.

Lalu apa itu tema gado-gado ?

Tema gado-gado adalah tema blog yang berisi artikel campuran. Anda bisa memasukkan artikel apa saja di dalamnya tanpa batasan pembahasan pada tema tersebut.

Anda juga tidak akan kehabisan ide jika menulis tema gado-gado tersebut, karena ruang lingkup yang dibahas tidak ada batasannya selagi tidak melanggar ketentuan yang berlaku.

Namun tema ini sedikit sulit bersaing, karena pembahasannya yang terkadang terlalu umum, hal ini juga menyebabkan tidak adanya ikatan khusus antar artikel yang saling terkait dan kompleks sehingga pengunjung merasa tidak ada yang istimewa di blog tersebut.

Tetapi tema ini memiliki point yang bisa bersaing dengan blog dengan tema niche, yaitu banyaknya artikel yang membuat kemungkinan artikel terindeks oleh google menjadi lebih banyak.

Meskipun masing-masing dari kedua tema blog tersebut tentu memiliki point plus minusnya seperti pada gambaran di atas, tetapi kualitas dari blog tersebut tentu ada di tangan Anda sebagai pemilik dan pengelola halaman blog.


Itu dia sedikit pembahasan dasar mengenai blog. Cukup panjang bukan pengenalannya ? Jika Anda sudah lelah dengan hal-hal teori tersebut, mari kita lanjutkan dengan tahapan prakteknya.

Untuk tahapan awal, kampblogger akan memandu Anda menggunakan platform blogspot terlebih dahulu sebagai tahapan awal dalam pembuatan blog.

Kita akan bahas tuntas terlebih dahulu penggunaan blogspot sebagai platform blog. Dengan pemahaman penggunaan platform blogspot ini, Diharapkan Anda akan lebih mudah menggunakan platform lainnya jika sudah berniat serius dan mengganti platform berbayar yang lebih powerfull lagi.

Jika Anda tertarik untuk membuat blog menggunakan platform blogspot, Anda bisa mengikuti tutorial selanjutnya yaitu tahapan teknis dalam pembuatan blog tersebut.

Membuat alamat email untuk membuat blog menggunakan blogspot