Cara membuat blog menggunakan blogspot

Di tulis oleh : Heru | Tanggal
Kali ini kita akan melanjutkan tutorial pembuatan blog menggunakan blogpot. Setelah di artikel sebelumnya yaitu Membuat alamat email untuk membuat blog menggunakan blogspot kita sudah berhasil membuat alamat email, maka sekarang kita bisa memanfaatkan email Gmail tersebut untuk membuat blog.



Untuk membuat blog tersebut, Silahkan ikuti step-stepnya di bawah ini :

1. Pertama silahkan kunjungi halaman Blogger.

Alamat URL Blogger

2. Kemudian klik CREATE YOUR BLOG untuk membuat blog baru.

Halaman pembuatan Blog

3. Silahkan masukkan alamat email Anda (Harus Gmail) kemudian masukkan password yang Anda miliki.

Form email & password

4. Setelah itu, silahkan pilih profile yang akan Anda gunakan. Anda bisa menggunakan Profile Google+ atau Profil Blogger.

Untuk mengetahui perbedaan keduanya, Anda bisa membacanya pada keterangan yang berada tepat di atasnya, seperti berikut ini:
Konfirmasikan Profil Anda
Di bawah ini adalah profil yang akan ditampilkan kepada pembaca saat mereka melihat pos Anda. Penggunaan Profil Google+ akan memberi Anda identitas di properti Google dan menghubungkan Anda dengan pembaca, sehingga mereka dapat berbagi dan merekomendasikan konten Anda di web dan Google+. Jika Anda ingin menggunakan identitas lain seperti nama samaran, Anda dapat memilih Profil Blogger terbatas. Informasi lebih lanjut tentang profil di Blogger. 
Di tutorial ini, kita akan membuat blog menggunakan profile Google+. Silahkan klik Buat profile Google+.

Pemilihan profil Google+ atau Blogger

5. Karena kita belum memiliki akun Google+, maka kita harus membuatnya terlebih dahulu. Silahkan Anda isikan data diri Anda pada form yang tersedia, kemudian klik CREATE PROFILE.

Form data diri Google+

6. Pada langkah berikutnya, Anda bisa memasukkan foto profile atau bisa juga melewati langkah tersebut. Silahkan klik SAVE.

Upload foto profile

7. Setelah selesai membuat profil Google+ tersebut, sekarang kita bisa membuat blog dengan mengklik tombol Lanjutkan ke blogger.

Penggunaan Akun Google+ pada blog

8. Inilah tampilan awal dari dashboard blogger. Silahkan klik Blog Baru, untuk membuat sebuah alamat blog.

Dashboar blogger

9. Kemudian isikan Judul, Alamat, dan Tema ( Alamat harus belum terpakai oleh blogger lainnya. Jika masih ada pesan error pada form Alamat, berarti Alamat tersebut sudah terpakai oleh orang lain). Kemudian klik Buat Blog.

Form pembuatan blog

10. Berikut tampilan halaman dashboard admin blog yang bisa kita gunakan untuk melakukan pemostingan artikel dan konfigurasi lainnya pada halaman blog. 

Dashboard Admin Blog

11. Silahkan Anda klik Lihat blog pada dashboard admin tersebut untuk melihat tampilan awal dari blog yang sudah berhasil Anda buat.

Tampilan awal halaman blog

Sekarang Anda sudah mempunyai sebuah halaman blog, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan konfigurasi halaman blog dan pemostingan artikel pada blog yang Anda miliki.